TIPS TIDUR YANG BERKUALITAS



Dear Bunda...
Tidur yang cukup di malam hari sangatlah penting bagi tubuh. Tidur merupakan fase pemulihan setelah sehari penuh beraktivitas. Orang dewasa memerlukan minimal 6-8 jam untuk tidur demi menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Apabilan kurang tidur, aktivitas akan terganggu karena kurangnya daya konsentrasi otak, juga akan merasa kurang fit dan lemas. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa membuat tidur menjadi berkualitas :

1. Kurangi asupan kafein sebelum tidur
Kafein berfungsi untuk merangsang otak, akibatnya orang yang sangat peka cenderung sulit tidur setelah mengkonsumsi kafein. Efek yang sama juga cenderung dialami orang yang mengkonsumsi alkohol dan rokok.

2. Makan malam sebaiknya dilakukan minimal dua jam sebelum tidur
Hal ini dilakukan agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

3. Lakukan aktivitas yang menenangkan satu jam sebelum tidur
Bisa dengan mendengarkan musik, meditasi, yoga, mandi air hangat, atau menidurkan buah hati Bunda. Hindari pembicaraan yang memeras otak.

4. Kenakan baju tidur yang nyaman
Suhu tubuh cenderung turun menjelang tidur, namun akan meningkat di tengah malam, dan kembali turun menjelang terbangun. Oleh karena itu kenakan baju tidur yang nyaman dan flexibel untuk setiap perubahan suhu tubuh ini. 

5. Buatlah suasana kamar tidur menyenangkan
Pilih cat yang berwarna lembut. Redupkan penerangan, sinar dan warna yang berlebihan akan menstimulasi panca indera sehingga tidak bisa beristirahat dengan optimal. 

6. Rilekskan badan dan pikiran sebelum tidur
Baringkan tubuh di tempat yang nyaman, sedikit demi sedikit kendurkan setiap bagian tubuh sambil membayangkan tempat yang menyenangkan.

Selamat beristirahat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar